Thursday, November 27, 2014

Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Kelas XI Halaman 20



Pada Pagi Ini Saya Akan Mengulas Uji Kompetensi Halaman 20 Sejarah Indonesia Kelas XI

Langsung Saja

SOAL
  1. Jelaskan bukti empirik prinsip perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah yang masih berlangsung pada masa kedatangan bangsa-bangsa Eropa Kepulauan Nusantara ! 
  2. Jatuhnya Konstantinopel ketangan Turki Usmani pada tahun 1453 merupakan titik balik bagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa.Lakukan analisis terhadap hal tersebut !
  3. Pada abad ke-16 mengapa Lisabon begitu cepat berkembang menjadi pusat perdagangan rempah rempah di Eropa ? 
  4. Berikan penilaian dan tulis perasaanmu mengetahui perilaku Portugis dalam melakukan Ekspedisi ke Dunia Timur dengan memasang padrao disetiap daerah yang disinggahi. 
  5. Buat suatu telaah kritis,mengapa waktu itu Indonesia akhirnya jatuh mejadi daerah jajahan bangsa asing ? 
Jawaban
  1. Portugis/Bangsa asli Portugal datang ke Indonesia pada abad ke 16 adalah bangsa pertama yang sampai di Kepulauan Nusantara.Spanyol mulai masuk tahun 1521 dan pada tahun 1522 memulai kolonialisasi di Sulawesi Utara. Tahun 1550 Spanyol berhasil mendirikan benteng di Wenang. 
  2. Jatuhnya konstatinopel ke tangan turki usmani memutus hubungan perdagangan antara eropa dan asia barat. hal ini membuat para pedagang eropa memutar balik pikiran untuk mendapatkan rempah rempah. mereka harus mendapatkan rempah rempah tanpa harus melalui laut tengah. hal inilah yg memicu terjadinya penjelajahan samudra.selain itu, peristiwa ini membuat kawasan laut tengah ramai kembali. hal ini ditandai oleh kota kota dagang seperti venesia,genoa,napoli dll. semakin giatnya usaha perdagangan yg dilakukan di lait tengah, maka terbentuklah serikat dagang eic dan voc yang akan berpengaruh besae dengan ekonomi indonesia berikutnya 
  3. Karena pasukan Alfonso de Albuerquerque berhasil menaklukkan Malaka yang terletak di Asia Tenggara tepatnya di Malaysia dan terkenal sebagai pusat perdagangan dan penjualan rempah2 di Asia Tenggara. Setelah berhasil menaklukkan, akhirnya Alfonso de Albuerquerque membawa hasil jarahannya ke kota Lisabon, Portugis dan menarik para pedagang Eropa 
  4. Karena dengan memasang padrao di setiap daerah yang disinggahi itu berarti, daerah tersebut merupakan kepunyaan Portugis . Portugis juga melarang negara lain masuk ke dalam negara yang telah diberikannya batu padrao. begitu juga setelah sampai di Maluku.Cara itu tetap dilakukan.Portugis mengetahui bahwa maluku merupakan penghasil rempah-rempah.Oleh karena itu portugis berusaha dgn sekuat tenaga utk menguasai dan memonopoli perdagangan di maluku. Hal itu tentunya sangat merugikan Rakyat Maluku. 
  5. Indonesia memiliki rempah-rempah yang beragam, letak geografis yang strategis untuk perdagangan, dan memiliki iklim yang menyenangkan. faktor utama eropa masuk indonesia karena pasokan rempah-rempah dari turki ke eropa terputus, akhirnya eropa datang ke indonesia untuk mengambil kekayaan alam indonesia. saat itu indonesia belum tau apapa, masih lugu, dan belum bisa melawan para penjajah 
Semoga Membantu Mengerjakan Tugas Kamu Yah :)

No comments:

Post a Comment