Thursday, November 20, 2014

Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Kelas XI Halaman 33




Pada Sore Ini Saya Akan mengulas Uji Kompetensi Halaman 33 Sejarah Indonesia Kelas XI

Langsung Saja 

Soal
  1. Coba jelaskan posisi kepulauan Maluku dalam perdagangan internasional abad ke-15 sampai abad ke-17 !
  2. Mengapa VOC dikatakan sebagai Negara dalam Negara,jelaskan !
  3. J.P. Coen dapat dikatakan sebagai peletak dasar penjajahan VOC di Indonesia, Coba jelaskan !
  4. Tahukan kamu apa yang dimaksud Pelayaran Hongi ? Bagaimana praktiknya sehinggan keuntungan tetap jatuh ke tangan VOC?
  5. Bagaimana Penilaian kamu tentang praktik korupsi yang dilakukan pengawi VOC dan bagaimana dengan yang terjadi di Indonesia dewasa ini. 
Jawaban
  1. Kepulauan maluku pada masa tersebut terletak dalam posisi yang strategis. kepulauan maluku termasuk ke dalam jalur perdagangan terbesar saat itu yaitu cina-malaka dan jalur maluku malaka. di jalur ini ramai oleh para pedagang rempah-rempah dan pedagang beras.
  2. Karena pemerintah Belanda memberikan Hak Octroi atau Hak Istimewa kepada VOC, yang meliputi :1) Hak monopoli,2) Hak untuk membuat uang,3) Hak untuk mendirikan benteng,4) Hak untuk melaksanakan perjanjian dengan kerajaan di Indonesia,5) Hak untuk membentuk tentara.Jadi, VOC bisa mengatur segala urusannya lazimnya seperti sebuah negara.
  3. hal ini dikarenakan J P Coen adalah gubernur pertama VOC di wilayah HIndia Belanda sehingga kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh beliau banyak merugikan bangsa indonesia, terutama dalam hal perdagangan, dengan sistem monopoli perdagangan yang iterapkan oleh VOC membuat bangsa indonesia semakin terpuruk dan melemahkan perekonomian rakyat.
  4. pelayaran hongi dimaksud untuk mengawasi jalannya monopoli perdagangan oleh VOC di maluku di lautan. pelyaran ini dimaksud untuk menjaga jalannya monopoli sehingga tidak terjadi pasar gelap. keunutungan didapat karena VOC memonopoli perdagangan sehingga harga dapat diatur sesuka hati mereka. pelayaran hongi dilakukan dalam perdagangan terutama kepada rempah-rempah.
  5. sangat jelas apa yang terjadi pada masa lalu merupakan gambaran masa kini,, seperti halnya korupsi yang terjadi pada masa VOC, tidak jauh berbeda dengan bangsa indonesia saat ini. mungkin saja budaya korupsi yang melanda bangsa indonesia merupakan peninggalan dari masa VOC, sehingga sangat sulit untuk dihindari,, oleh sebab itu, bangsa indonesia harus bangkit dan merubah mental inlander sehingga dapat memperbaiki harkat dan martabat bangsa indonesia dimata sendiri dan di mata dunia. 
Semoga Bermanfaat Dan Bisa Membantu Tugas Kalian......

2 comments: